Sejarah Pengadilan

on . Posted in Tentang Pengadilan

foto: Kantor Pengadilan Negeri Bitung lama

Sebelum berdirinya Pengadilan Negeri Bitung, untuk daerah / wilayah kota Bitung termasuk pada daerah hukum Pengadilan Negeri Manado. Namun dengan adanya Keputusan Menteri Kehakiman tanggal 10 Agustus 1967 nomor : J.B.1/3/5 tentang pembentukkan Pengadilan Negeri Tondano dimana wilayah Bitung termasuk di dalamnya.

Kemudian dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Kehakiman tanggal 9 Januari 1976 dengan nomor : J.B/1/2 maka terjadi perubahan daerah hukum Pengadilan Negeri Manado dan Pengadilan Negeri Tondano. Dimana wilayah Bitung yang semula masuk daerah hukum Pengadilan Negeri Tondano kembali masuk ke dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Manado.

Jika sebelumnya daerah Bitung yang dijadikan sebagai tempat sidang atau Zetting Plaat maka pada tanggal 19 Maret 1996 dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden RI nomor 24 Tahun 1996, Pengadilan Negeri Bitung terbentuk dan Kantor Pengadilan Negeri Bitung diresmikan pada tanggal 23 Nopember 1996 oleh Ny. Lies Sugondo, SH selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum dan Peradilan Tata Usaha Negara Departemen Kehakiman.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan maka dibentukkah Pengadilan Perikanan pertama kalinya yang terdiri dari 5 Pengadilan yaitu : Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Pengadilan Negeri Medan, Pengadilan Negeri Pontianak, Pengadilan Negeri Bitung dan Pengadilan Negeri Tual.

Pengadilan Negeri Bitung yang semula hanya Pengadilan Negeri dengan klasifikasi Kelas II maka pada tahun 2009 Pengadilan Negeri Bitung naik kelas menjadi Pengadilan Negeri Bitung Kelas IB berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor : 021/SEK/SK/V/2009 tanggal 13 Mei 2009 tentang Peningkatan kelas pada 11 (sebelas) Pengadilan Negeri kelas II menjadi Kelas IB dan 1 (satu) pengadilan Negeri Kelas IB menjadi Kelas IA.

Selain klasifikasi kelas, Pengadilan Negeri Bitung juga mengalami perubahan pada luas bangunannya, jika pada awal berdirinya kantor Pengadilan Negeri Bitung hanya memiliki luas gedung bangunan sebesar 386 m2 maka pada tahun 2008 dengan adanya renovasi  maka luas gedung bangunan kantor Pengadilan Negeri Bitung menjadi 624 m2 dengan luas tanah 1.448 m2.

Sejak berdirinya Pengadilan Negeri Bitung sampai dengan sekarang ini telah terjadi pergantian pimpinan yang perinciannya sebagai berikut :

 

No Ketua Wakil
1 Hatta Ali, SH Abas Ali, SH
2 Markus Lewol, SH Dolman Sinaga, SH
3 Celine Romansih, SH Dolman Sinaga, SH
4 Dolman Sinaga, SH -
5 Junus Dandel, SH Sirande Palayukan, SH
6 Sirande Palayukan, SH Dehel K. Sandan, SH
7 Dehel K. Sandan, SH Amin Sutikno, SH
8 Amin Sutikno, SH Bambang Setiyanto, SH
9 Ahmad Shalihin, SH Bambang Setiyanto, SH
10 Bambang Setiyanto, SH -
11 Achmad Rivai, SH., MH Sugiyanto, SH
12 Frangky Tambuwun, SH., MH Julien Mamahit, SH., MH
13 Ivone W.K. Maramis, SH., MH Sapruddin, SH
14 Muhammad Alfi S. Usup, SH., MH -

Kantor Pengadilan Negeri Bitung sendiri beralamat di jalan Sam Ratulangi no. 58 kecamatan Maesa Kota Bitung, dengan telepon (0438) 32577 dan fax. (0438) 32877